Cara Mengatasi Hipertensi

Salah satu gangguan kesehatan yang sering melanda dan bukan penyakit yang langka di idap oleh banyak orang adalah hipertensi, seseorang yang mengalami tekanan darah tinggi memiliki ukuran darah mencapai 140/90. Penyakit hipertensi ini dapat memicu penyakit serangan jantung. Hal ini disebabkan oleh jantung yang dipaksa untuk memompa darah menjadi lebih cepat dan bekerja ekstra keras, dalam proses memompa darah secara cepat iniilah yang membuat otot jantung menjadi menebal. Jika dibiarkan terus otot jantung akan semakin melar dan berakibat fatal pada jantung yang akhirnya mati.

Perubahan yang terjadi di pembuluh jantung akan memudahkan pembuluh jantung mengalami penyempitan dan penimbunan plak. Untuk itu bagi penderita hipertensi ini wajib menjauhkan atau menghindari makanan yang menyebabkan hipertensi.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat dijadikan sebagai menu makanan sehat yang dapat membantu meringankan hipertensi :

1. Seledri

Seledri termasuk salah satu bahan sayuran pelengkap masakan, sebenarnya seledri memiliki fungsi dan khasiat sebagai obat anti hipertensi. Disarankan mengonsumsi seledri sedikitnya 4 pucuk seledri untuk menjaga tekanan darah atau dibuat jus yang dicampur dengan beberapa jenis buah segar.

2. Bawang putih

Bawang putih dijuluki “obat ajaib” untuk jantung karena memiliki manfaat bagi seluruh sistem kardiovaskular. Dari hasil studi yang dilakukan pada beberapa pasien hipertensi dengan pemeberian 1 siung bawang putih setiap hari selam 12 minggu dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan kolesterol. Bawang putih juga dapat dicampurkan dalam beberapa menu masakan.

3. Tomat

Buah tomat yang mengandung likopen, air dan GABA (gamma-amino butyric acid) ternyata dapat dijadikan sebagai buah yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Rempah segar

Ganti konsumsi garam anda dengan beberapa cincangan rempah seperti oregano, jintan, lada hitam, thyme, dan daun salam. Rempah-rempah tersebut banyak mengandung antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan.

5. Yogurt

Yogurt dengan kandungan susu rendah lemak. Yogurt mengandung 50 % lebih banyak kalsium dan potasium yang dapat menurunkan tekanan darah. Dengan mengonsumsi yogurt dan membatasi atau mengurangi penggunaan garam dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik, sehingga tekanan darah pun menjadi normal dan tekanan darah menjadi 120/80 dan jantung pun semakin sehat.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyebab Hipertensi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>